Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
abstrak bermakna : ringkasan inti, ikhtisar, inti (skripsi, laporan,
dsb.). Sedangkan menurut Tesaurus Indonesia, abstrak mempunyai padanan
kata : ijmal, ikhtisar, inti sari, inti, kerangka, kesimpulan, pati,
pokok, rangkuman, resume, ringkasan, rumusan, sari, simpulan, atau
sinopsis. Dengan demikian abstrak dapat pula dimaknai sebagai suatu
ringkasan yang lengkap yang menjelaskan keseluruhan isi laporan ilmiah.
Fungsi Abstrak dalam Laporan PTK
Bagaimana cara menulis abstrak ptk? |
- Menyajikan informasi singkat tentang ptk yang telah anda dilakukan.
- Memberikan kesan pertama setelah pembaca membaca judul (halaman judul) laporan ptk anda.
- Memudahkan pembaca yang sedang mencari informasi tentang sebuah penelitian tindakan kelas, yaitu dengan membaca abstrak mereka hanya membutuhkan waktu yang singkat.
Karaketeristik Abstrak Laporan PTK
Ringkas
Sebuah abstrak ptk harusnya ringkas. Tidak bertele-tele, dan hanya
memuat bagian-bagian esensial dari laporan ptk yang anda buat. Karena
itu salah satu tata cara penulisan abstrak ptk yang harus dipatuhi
adalah jumlah kata pada sebuah abstrak, maksimal 250 kata saja.
Jelas
Seharusnya, dengan membaca abstrak laporan ptk anda pembaca sudah dapat
mempunyai gambaran umum yang menyeluruh tentang penelitian tindakan
kelas yang anda laporkan. Bila seorang pembaca yang selesai membaca
abstrak sebuah laporan ptk masih belum punya gambaran tentang ptk yang
anda lakukan, berarti abstrak yang anda tulis masih kurang jelas.
Berdiri Sendiri
Pada bagian abstrak yang anda tulis, tidak diperkenankan untuk menulis
kalimat seperti: Lihat Lampiran 16, atau seperti ditunjukkan pada
halaman 57, dan sejenisnya. Ini menunjukkan bahwa abstrak ptk yang anda
tulis tidak berdiri sendiri. Sebuah abstrak seharusnya dapat dibaca
dengan tanpa perlu membaca bagian-bagian lainnya darilaporan ptk anda.
Ia adalah sebuah bagian mandiri yang merupakan ringkasan laporan ptk
anda.
Objektif
Abstrak ptk yang anda tulis harus objektif. Ia adalah bagian penting
dari sebuah karya tulis ilmiah. Sebagaimana Laporan aslinya, abstrak ptk
juga harus ditulis objektif tanpa tujuan tertentu sehingga membuat
pembaca mempunyai persepsi keliru tentang hasil penelitian tindakan
kelas yang anda lakukan. Abstrak ptk anda harus ditulis sesuai fakta
yang anda lakukan dan anda peroleh selama atau setelah melakukan
penelitian tindakan kelas, dan bukan menuliskan asumsi atau pendapat
pribadi anda tanpa ada dasar yang tepat.
Bagian-Bagian Abstrak PTK
- Judu llaporan penelitian tindakan kelas (ptk).
- Nama peneliti (penulis), ditulis tanpa gelar akademis ataupun gelar non akademis.
- Tahun penelitian dan jumlah halaman laporan keseluruhan.
- Identitas singkat (seperti NIP, jabatan, dan asal instansi)
- Isi abstrak yang mencakup: (1) tujuan ptk; (2) metode penelitian; (3) hasil penelitian; (4) simpulan.
- Kata kunci (maksimal terdiri dari 5 kata kunci atau frase kunci yang diurutkan secara alfabetis)
Tata Cara Penulisan Abstrak PTK
Jumlah kata
Hitung secara otomatis dengan menggunakan fasilitas Word Count pada aplikasi Microsoft Word pada menu Review > Word Count.
Abstrak hanya memuat maksimal 250 kata. Bila jumlah kata ternyata
berlebih, edit dengan cara membuang kata-kata tertentu yang dapat
dihilangkan, tetapi tidak mengurangi esensi dan makna kalimat dalam
abstrak PTK yang anda buat.
Jarak spasi dan ukuran font
Abstrak selalu ditulis dalam jarak pengetikan 1 spasi. Bila anda
menjumpai contoh abstrak dengan jarak lebih dari 1 spasi, itu adalah
contoh yang salah. Jangan ditiru!
Gunakan huruf standar sebagaimana isi laporan ptk (misalnya Times New Roman dengan ukuran font 12 pt, atau Calibri ukuran 11 pt).
Gunakan huruf standar sebagaimana isi laporan ptk (misalnya Times New Roman dengan ukuran font 12 pt, atau Calibri ukuran 11 pt).
Berbentuk 1 paragraf yang rata kanan dan kiri (justify)
Pada beberapa institusi tertentu, abstrak laporan ptk acapkali diminta
dalam bentuk 1 paragraf utuh. Jika tidak disertakan petunjuk bagaimana
format abstrak ptk untuk laporan anda, tulislah dengan sebuah paragraf
saja. Perhatikan pula, bahwa paragraf abstrak anda harus rata baik pada
bagian kiri maupun bagian kanan (justify).
Ditulis sebelum Kata Pengantar, persis setelah Halaman Judul.
Letakkan abstrak ptk anda, yang mestinya hanya terdiri dari satu halaman
tepat setelah Halaman Judul, sebelum Kata Pengantar. Jangan
meletakkannya pada urutan yang salah. Abstrak ptk diletakkan demikian
supaya pembaca laporan ptk anda segera menemukannya dengan mudah setelah
membaca judul penelitian tindakan kelas anda pada halaman sampul.
Contoh Abstrak PTK
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMPN NEGERI 4 AMUNTAI MELALUI STRATEGI MEMORY CYCLE
(Tahun 2011, 239 halaman)
Suhadi
Guru IPA SMP Negeri 4 Amuntai
Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan penelitian adalah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik Kelas VIIIB SMPN 4
Amuntai. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas
peserta didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru;
dan (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada
strategi memory cycle pada Kelas VIIIB SMPN 4 Amuntai semester ganjil
tahun pelajaran 2011/2012 untuk materi Bahan Kimia dalam Kehidupan
Sehar-hari. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana
masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali
tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas
peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik,
data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan
Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik
digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Aktivitas peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai tahun
pembelajaran 2011/2012 pada pembelajaran yang mengacu kepada strategi
memory cycle pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari di
siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada
kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas VIIIB SMP
Negeri 4 Amuntai yang tahun pembelajaran 2011/2012 yang telah dilakukan
guru pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan
strategi memory cycle di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan
kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil belajar peserta
didik kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada
materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari mengalami peningkatan
dibanding tahun pelajaran 2010/2011 setelah menggunakan strategi memory
cycle.
Kata Kunci : bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, kualitas pembelajaran, penelitian tindakan kelas, strategi memory cycle
|
Catatan: Sebenarnya tata cara penulisan di atas juga dapat diberlakukan untuk abstrak skripsi,tesis, atau jurnal penelitian lainnya.